Gambar News Tips Memilih & Merancang Rumah Nyaman untuk Hunian Keluarga

Tips Memilih & Merancang Rumah Nyaman untuk Hunian Keluarga

Ingin memiliki rumah yang nyaman? Pastikan kamu memilih atau merancang rumah dengan tepat! Cek tips membuat rumah menjadi nyaman berikut:

Salah satu faktor penting dalam merancang rumah selain estetikanya adalah kenyamanannya. Rumah yang nyaman tentu akan membuat penghuni jauh lebih betah. Untuk menghadirkan kenyamanan pada rumah memang menjadi perkara yang susah-susah gampang. Namun, bukan berarti mustahil untuk membuat rumah jadi nyaman melalui hal-hal yang sederhana.

Yuk, buat rumah lebih nyaman untuk keluarga dengan berbagai tips untuk membuat rumah nyaman berikut!

Baca juga: Tips Membeli Rumah Pertama untuk Para Millenial

Tips Membuat Rumah Nyaman

1. Pengudaraan yang memadai

Rumah yang memiliki sistem pengudaraan yang baik akan membuat kualitas udara dalam rumah terjaga serta membantu mengatur temperatur ruangan dalam rumah agar tetap nyaman. Untuk membuat rumah nyaman dengan pengudaraan yang baik, pastikan setiap ruangan di dalam rumah dilengkapi ventilasi udara dan jendela dengan penataan menyilang (cross-ventilation) untuk memastikan udara mampu bergerak bebas di dalam rumah. 

Rumah dengan Pencahayaan yang Baik
Sumber gambar: Pexels

2. Pencahayaan

Pencahayaan pada rumah berperan penting untuk menunjang aktivitas dan kegiatan di dalam rumah. Prioritaskan setiap ruangan di rumah memiliki sumber pencahayaan alami dan jadikan pencahayaan buatan seperti lampu sebagai penunjang dan pada malam hari saja. Hindari memiliki ruangan yang terlalu gelap dan juga terlalu terang karena mampu menyilaukan. Standar tingkat pencahayaan rumah yang nyaman adalah pada angka 60 lux. Namun, untuk ruang-ruang tertentu seperti kamar untuk beristirahat kamu bisa membuat pencahayaan yang lebih redup untuk membuat istirahat menjadi lebih nyaman.

Perabot
Sumber gambar: Pexels

3. Penataan perabotan dalam ruang

Tips membuat rumah nyaman selanjutnya adalah penataan perabotan yang terdapat di dalam ruangan. Kehadiran perabotan berguna untuk mendukung aktivitas di setiap ruangan. Jadi, saat memilih perabotan utamakanlah fungsi dari perabotan dan hindari terlalu banyak memiliki perabotan dalam ruangan, khususnya jika ruangan dalam rumah memiliki keterbatasan lahan sehingga rumah tidak terasa sempit.

Perabot & Dekorasi Ruangan

4. Lengkapi dengan dekorasi

Tampilan yang estetik juga bisa menambah kenyamanan dari ruangan, terutama secara visual. Jadi, tak ada salahnya menambahkan sedikit atau beberapa dekorasi dalam ruangan. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu jadikan dekorasi ruangan. Mulai dari tanaman hias indoor jika kamu ingin membuat ruangan terasa lebih menyegarkan, foto-foto yang dibingkai di ruang keluarga untuk menciptakan rasa lebih dekat, hingga barang-barang koleksi pribadi di kamar agar suasana kamar terasa lebih intim dan personal. Dekorasi yang kamu pilih juga harus disesuaikan dengan konsep desain ruangan agar terlihat selaras dan senada dengan keseluruhan tampilan ruangan. Hindari menggunakan terlalu banyak dekorasi ataupun dekorasi yang berlebihan. 

5. Tentukan warna ruangan

Untuk membuat rumah nyaman, pemilihan warna juga menjadi aspek yang perlu kamu perhatikan. Komposisi warna dalam ruangan akan menciptakan atmosfer yang bisa mempengaruhi suasana hati. Untuk ruangan-ruangan untuk beristirahat seperti ruang tidur, kamu bisa menggunakan warna-warna hangat yang tidak terlalu terang seperti warna earthy-tone. 

Sedangkan jika ruangan untuk beraktivitas seperti dapur atau ruang kerja, kamu bisa menggunakan warna yang lebih terang seperti warna putih atau biru langit dan sejenisnya. Sesuaikan juga warna dengan selera penghuni karena secara psikologis hal tersebut akan memberikan suasana hati yang lebih baik.

Baca juga: Mengenal Ciri dan Karakteristik Rumah Sehat 

Itulah berbagai tips membuat rumah nyaman. Selain berbagai tips tersebut, untuk membuat rumah menjadi nyaman, jangan lupa untuk terus menjaga kerapian dan juga kebersihan dari rumah karena rumah yang berantakan dan kotor jelas tidak akan terasa nyaman. Selamat berkreasi untuk membuat rumahmu jadi lebih nyaman!
 

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow