Gambar News 5 Tips Menabung untuk Beli Rumah Impian Pertama

5 Tips Menabung untuk Beli Rumah Impian Pertama

Menabung untuk membeli rumah bukanlah hal yang mudah namun tidak mustahil. Ikuti tips menabung untuk beli rumah yang sederhana berikut!
 

Rumah merupakan kebutuhan pokok yang wajib dimiliki semua orang. Namun, harga rumah yang tidak murah membuat banyak orang kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan satu ini. Namun, dengan cara menabung yang tepat, kamu juga bisa membeli rumah impianmu, lho! Yuk, ikuti tips menabung untuk beli rumah impian berikut:

Baca juga: Mengenal Tipe Rumah Berdasarkan Ukurannya

Tips Menabung untuk Beli Rumah

1. Mulai dengan perencanaan keuangan

Rencana membeli rumah dengan cara menabung tak akan pernah berhasil tanpa perencanaan keuangan yang matang sejak awal. Sebelum melangkah lebih jauh dalam menabung, mulailah dengan terlebih dahulu atur keuangan yang kamu miliki. Tentukan apa saja kebutuhan sehari-hari yang wajib kamu penuhi dengan penghasilan bulanan, dan apa saja pengeluaran yang bisa dihilangkan dan dialokasikan untuk dana tabungan untuk beli rumah. Dengan begitu kamu memiliki besaran dana yang bisa ditabung untuk beli rumah dari total penghasilan bulanan.

Jika kamu membutuhkan dana tabungan yang lebih besar, amati kembali daftar kebutuhanmu dan cobalah prioritaskan dari yang terpenting hingga yang bisa ditunda. Untuk kebutuhan yang bisa ditunda, kamu bisa alokasikan dananya untuk menabung.

2. Miliki rekening terpisah

Salah satu kegagalan umum dari menabung adalah dana tabungan yang terpakai. Untuk menghindari tabungan untuk beli rumah terpakai untuk kebutuhan lainnya. Pastikan kamu memiliki rekening tabungan terpisah yang digunakan hanya untuk tabungan beli rumah yang telah kamu alokasikan. Tak hanya menjaganya tidak terpakai, hal ini juga akan memudahkan kamu mencatat perkembangan tabungan serta pengeluaran-pengeluaran kamu di luar dari tabungan untuk beli rumah.

3. Pertimbangkan Investasi

Jika menabung saja tidak cukup, tak ada salahnya dana tabungan untuk beli rumah kamu investasikan terlebih dahulu sebelum membeli rumah untuk meningkatkan nilai dari dana tabungan yang kamu miliki. Jika kamu masih pemula dalam berinvestasi, kamu bisa mencoba investasi yang minim resiko seperti deposito berjangka. Namun, jika kamu tertarik belajar investasi, tak ada salahnya bermain di investasi yang lebih menguntungkan seperti pasar saham dan sebagainya.

4. Terapkan pola hidup hemat

Meskipun kamu sudah menentukan target dana tabungan untuk membeli rumah dan menyisihkan penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari, tak ada salahnya tetap menerapkan pola hidup hemat. Dengan begitu kamu bisa menyisihkan lagi uang dari kebutuhan sehari-hari kamu yang bisa disimpan sebagai dana darurat atau bahkan menambah dana tabungan untuk membeli rumah. 

5. Disiplin dan komitmen

Tips menabung untuk beli rumah yang terakhir dan tak kalah penting adalah disiplin dan komitmen. Tanpa disiplin dan komitmen dari dalam diri sendiri untuk menabung, maka rencana menabung untuk beli rumah bisa kandas di tengah jalan. Selalu fokuskan dirimu pada tujuan membeli rumah sehingga kamu tidak tergoda untuk menggunakan tabungan untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga: Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membeli Rumah Pertama

Itulah berbagai tips menabung untuk beli rumah yang bisa kamu coba untuk segera mewujudkan rumah impian untuk keluarga kecil kamu. Sudah memiliki dana untuk beli rumah? Bintaro Jaya bisa jadi pilihan yang kamu pertimbangkan. Selain berada di kawasan yang sangat strategis, Bintaro Jaya menawarkan banyak cluster dan unit perumahaan dengan berbagai jenis dan ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan dana tabungan yang kamu miliki! Ditambah lagi, Bintaro Jaya telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang akan menjamin kenyamanan saat tinggal di salah satu cluster yang berada di Bintaro Jaya. Cek Bintaro Jaya sekarang juga dan temukan rumah impianmu!
 

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow