Gambar News 7 Cara Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami

7 Cara Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami

Semut bisa menjadi hama yang mengganggu di rumah. Yuk, usir semut di rumah dengan cara mengusir semut dengan bahan-bahan alami berikut:

Apa kamu termasuk orang yang punya masalah dengan hama semut yang mengganggu di rumah? Ada banyak sekali hal yang bisa jadi penyebab datangnya semut, mulai dari ruangan yang kotor, hingga makanan manis yang tidak disimpan dengan baik bisa menjadi undangan bagi hama kecil satu ini.

Bagi kamu yang punya masalah dengan semut di rumah dan tidak ingin menggunakan  bahan kimia seperti kapur ajaib dan obat pengusir semut atau serangga, ternyata ada banyak sekali bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai bahan alternatif untuk mengusir semut. Yuk, intip beberapa rekomendasi bahan alami untuk mengusir semut di rumah berikut:

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Ruangan dengan Mudah

Cara Mengusir Semut di Rumah

1. Jeruk Lemon

Lemon
Sumber gambar: Pixabay

Bahan alami untuk mengusir semut yang pertama adalah jeruk lemon. Cara mengusir semut di rumah menggunakan jeruk lemon adalah dengan mencampurkan air dan perasan buah lemon dengan perbandingan 1:2 dan semprotkan pada gerombolan semut atau tempat-tempat yang sering dilalui semut. Kandungan asam sitrat serta aroma yang dimiliki jeruk lemon menjadikannya salah satu senjata alami untuk mengusir semut di rumah.

2. Kopi

Biji Kopi

Untuk kamu penggemar kopi, siapa sangka biji atau bubuk kopi juga bisa menjadi bahan alami untuk mengusir semut di rumah. Aroma kopi yang kuat ternyata juga tidak disukai semut. Jadi, cara mengusir semut dengan kopi adalah dengan menaburkan bubuk kopi atau biji kopi di tempat yang kerap dilalui atau menjadi sarang kopi. Hal ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau ruangan, lho.

Jika kamu suka meminum kopi di rumah, jangan buang ampas kopi ke tempat sampah. Kuburlah ampas kopi tersebut di tanah pekarangan rumah yang kerap menjadi sarang semut untuk mencegahnya membuat sarang di pekarangan rumah.

3. Bawang Putih

Bawang Putih
Sumber gambar: Pixabay

Satu lagi bahan alami beraroma kuat dan tajam yang bisa membantu mengusir semut adalah bawang putih.Caranya cukup mudah, cukup potong atau geprek bawang putih dan letakkan di sumber datangnya semut di rumah dna perlahan semut akan pergi karena tak tahan dengan bau bawang putih yang tajam. Mudah, bukan?

4. Cuka

Tak cuma bawang putih, ada lagi bumbu dapur yang bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang cukup ampuh, yakni cuka. Tinggal campurkan cuka dapur dan air dengan perbandingan 50:50 dan semprotkan ke gerombolan semut ataupun sarang semut dan hama semut akan pergi.

5. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Setelah makan jeruk, jangan buang dulu kulit jeruknya karena kulit jeruk juga bisa menjadi bahan alami untuk mengusir semut di rumah. Aroma kulit jeruk yang tak disukai semut bisa membuat semut jadi malas untuk masuk ke rumah. Jadi, letakkan kulit jeruk di tempat-tempat yang suka dilalui semut dan hama kecil ini perlahan akan meninggalkan rumah.

6. Cengkeh dan Kayu Manis

Walaupun cengkeh dan kayu manis memiliki aroma lezat saat dimasak, ternyata aroma kedua bumbu dapur ini juga tidak disukai semut. Dengan meletakkannya di dekat makanan atau meja makan serta sarang semut, kamu bisa mencegah kerubungan semut mencuri makananmu di meja.

7. Daun Sirih

Terkenal sebagai salah satu tanaman apotek hidup, daun sirih memiliki fungsi lain sebagai bahan alami untuk mengusir semut. Cobalah remas daun sirih hingga mengeluarkan aroma khas daun sirih dan letakkan pada sarang semut atau titik-titik yang dikerubungi semut. Aromanya yang pekat dan tajam akan membuat semut pergi.

Baca juga: Tips & Cara Membersihkan Rumah hingga Bebas dari Kotoran dan Kuman

Mengusir semut terasa lebih mudah dan aman bukan dengan berbagai bahan alami tersebut? Setelah berhasil mempraktekkan cara mengusir semut dengan bahan alami, jangan lupa untuk jaga kebersihan dari rumah dan pastikan setiap makanan manis yang ada di dalam rumah tersimpan aman di tempat yang tertutup karena mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati.
 

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow