Gambar News 9 Cara Mengusir Tikus di Rumah agar Hunian Bebas Hama

9 Cara Mengusir Tikus di Rumah agar Hunian Bebas Hama

Kehadiran hama tikus di rumah bisa menjadi sumber penyakit. Yuk, atasi masalah tikus di rumah dengan cara-cara mengusir tikus di rumah yang ampuh berikut!

Kehadiran hewan pengerat satu ini memang kerap menjadi permasalahan di rumah. Hal ini disebabkan karena tikus yang dianggap kotor ini tak hanya bisa menjadi sumber kuman dan penyakit di rumah, tapi bisa juga mencuri makanan serta merusak perabot dan peralatan di rumah. Apakah kamu termasuk orang yang pernah jengkel karena kabel di rumah rusak karena digerogoti tikus?

Jika kamu sudah lelah mencoba menangkap tikus dengan menggunakan perangkap, ada beberapa alternatif cara mengusir tikus dari rumah yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Tertarik mencobanya? Cek cara mengusir tikus di rumah dengan bahan-bahan alami berikut:

Baca juga: Tips Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan-Bahan Alami

Cara Mengusir Tikus

1. Bawang

Bawang Putih
Sumber gambar: Pixabay

Bawang adalah salah satu bumbu dapur dengan aroma yang kuat dan tajam. Aroma ini dipercaya sangat dibenci oleh tikus. Untuk mencegah tikus masuk kerumah, kamu bisa meletakan irisan bawang atau bawang yang digeprek di sudut-sudut ruangan yang kerap menjadi tempat persembunyian hewan pengerat ini.

2. Minyak Peppermint

Peppermint
Sumber gambar: Pixabay

Meskipun bagi sebagian orang aroma minyak peppermint mampu menenangkan, aroma dari peppermint justru tidak disukai tikus. Cara mengusir tikus dari rumah dengan minyak peppermint adalah dengan mencelupkan bola-bola kapas ke minyak peppermint dan meletakkannya di tempat persembunyian tikus atau di tempat-tempat yang kerap dilalui tikus. 

Alternatif cara mengusir tikus dengan aroma mint adalah dengan menggunakan daun mint yang segar. Cukup ikat daun mint dan remas hingga aroma mint keluar dan letakkan di tempat-tempat yang disukai tikus.

3. Cuka 

Selain aroma peppermint, aroma cuka yang menyengat juga bisa mengusir tikus. Jadi sebagai pengganti minyak peppermint, kamu bisa rendam bola-bola kapas ke cuka dapur dan letakkan di tempat-tempat persembunyian tikus untuk mengusir tikus.

4. Kopi

Biji Kopi
Sumber gambar: Pixabay

Bubuk atau biji kopi sudah terkenal mampu menetralisir aroma tak sedap. Hal inilah yang membuatnya juga mampu mencegah serta mengusir tikus dari rumah. Daya tarik utama tikus adalah makanan. Meletakkan biji kopi atau serbuk kopi di tempatmu menyimpan makanan akan menyamarkan aroma makanan sehingga tikus sulit mendeteksinya. Meletakkan biji kopi di sudut-sudut ruangan juga bisa membantu menyamarkan indera penciuman tikus sehingga dia kesulitan untuk mencari sumber makanan di rumahmu.

5. Baking Soda

Menggunakan racun tikus menjadi salah satu cara mengusir tikus yang populer. Siapa sangka, kamu juga bisa membuat racun tikus alami dengan menggunakan baking soda. Cukup campurkan baking soda ke makanan yang disukai tikus dan letakkan di tempat yang sering dilewati tikus. Dengan memakannya, perut tikus akan dipenuhi gas dan tikus akan menjadi sakit hingga mati.

6. Kulit Telur

Kulit Telur
Sumber gambar: Pixabay

Cara mengusir tikus dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan kulit telur. Kulit telur yang biasanya kamu buang cukup dihancurkan hingga halus menjadi serbuk. Taburkan serbuk kulit telur ini di tempat-tempat persembunyian dan sudut ruangan yang kerap dilalui tikus untuk mengusir hama pengerat satu ini.

7. Lada

Selain serbuk kulit telur, kamu juga bisa menggunakan bubuk lada sebagai cara mengusir tikus. Cukup lakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan dengan serbuk kulit telur. Ladan mengandung senyawa yang sangat menyengat sehingga akan membuat tikus menjauh.

8. Kulit Durian

Sudah bukan rahasia jika buah durian memiliki bau yang menyengat. Bau ini juga sangat tidak disukai oleh tikus. Setelah puas menyantap durian, kamu bisa gunakan kulit durian untuk mengusir tikus. Cukup letakkan kulit durian di tempat-tempat yang disukai tikus agar aromanya menyebar dan membuat tikus menjauh.

9. Daun Sirsak

Selain aroma, aroma dari daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Cukup sobek-sobek daun sirsak dan letakkan di tempat persembunyian tikus. Zat yang terkandung dalam daun sirsak akan mengeluarkan aroma tajam saat di sobek sehingga bisa membuat tikus pergi menjauh.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Aroma Tak Sedap dalam Ruangan

Itulah beberapa alternatif cara mengusir tikus dari rumah agar rumah bebas dari gangguan hama. Untuk mencegah tikus datang kembali ke rumah, pastikan kamu jaga kebersihan rumahmu. Hindari juga menumpuk-numpuk barang yang bisa jadi tempat persembunyian hewan pengerat ini. 

Pastikan juga kamu menyimpan semua makanan yang ada di rumah dengan baik dan terlindungi dari jangkauan tikus. Tanpa sumber makanan, tentunya hama tikus yang menganggu ini akan menjauhi rumahmu.

Selamat mencoba!
 

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow