Gambar News 5 Cara Menghilangkan Bau di Ruangan yang Membandel

5 Cara Menghilangkan Bau di Ruangan yang Membandel

Kehadiran hama tikus di rumah bisa menjadi sumber penyakit. Yuk, atasi masalah tikus di rumah dengan cara-cara mengusir tikus di rumah yang ampuh berikut!

Bau ruangan yang membandel memang bisa membuat rumah jadi tidak nyaman. Jika kamu memiliki permasalahan ruangan dengan bau yang sulit hilang, terkadang menyemprotkan pewangi ruangan hanya bisa menjadi solusi singkat saja. Jadi, pastikan kamu mengikuti tips dan cara menghilangkan bau ruangan berikut untuk pastikan rumah bebas dari aroma tak sedap yang membandel.

Baca juga: Tips & Cara Membersihkan Rumah agar Bebas dari Kotoran dan Kuman

Cara Menghilangkan Bau Ruangan

1. Temukan sumber bau tak sedap dan bersihkan rumah

Bau tak sedap bisa berasal dari mana saja. Sampah yang menumpuk, sisa makanan yang tidak dibersihkan, hingga kotoran di sudut ruangan yang telah lama tak dibersihkan. Untuk itu, langkah pertama untuk mengusir bau tak sedap di rumah adalah dengan membersihkan setiap sudut ruangan yang ada di rumah dan pastikan tak ada lagi hal-hal yang bisa menjadi sumber aroma tak sedap di rumah.

Biji Kopi

2. Netralisir aroma tak sedap dengan kopi

Cara menghilangkan bau di ruangan yang membandel selanjutnya adalah dengan menggunakan kopi. Kopi memiliki aroma yang sedap. Selain itu, aroma kopi ini sangat ampuh untuk menetralisir aroma-aroma yang ada di ruangan, termasuk aroma tak sedap. Jadi, setelah kamu membersihkan rumah, letakkan bubuk atau biji kopi ke dalam gelas atau mangkok dan letakkan di sudut-sudut ruangan dan biarkan kopi menetralisir aroma tak sedap di rumah secara alami.

Lavender

3. Gunakan tanaman hias indoor untuk menetralisir udara

Tanaman merupakan penyaring udara alami yang juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan aroma tak sedap di ruangan. Cara menghilangkan bau di ruangan adalah dengan menambahkan tanaman hias indoor untuk menyaring udara kotor. Tanaman hias yang baik dalam menyaring udara yang bisa jadi pilihanmu antara lain lidah mertua, peace lily, ataupun palem. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman-tanaman hias lainnya yang mampu memberikan aroma sedap seperti mawah ataupun lavender sebagai pelengkap.

Tak hanya usir aroma tak sedap, cara mengusir bau ruangan satu ini juga bisa mempercantik hunian. 

4. Arang aktif untuk menyedot bau-bau tak sedap

Arang aktif juga memiliki fungsi untuk menyedot aroma-aroma tak sedap. Kamu bisa menemukan bahan ini dengan mudah di toko perkakas ataupun alat-alat rumah tangga. Cukup bungkus arang aktif dengan kain kasa dan letakkan di sudut-sudut ruangan atau tempat yang kerap menjadi sumber aroma tidak sedap seperti dapur, dekat tempat sampah, ataupun kolong-kolong lemari yang sulit dijangkau saat bersih-bersih ruangan.

5. Gunakan pewangi ruangan dari bahan-bahan alami

Berbagai cara sebelumnya mampu membantumu menghilangkan atau menetralisir aroma tak sedap yang ada di ruangan. Namun, untuk benar-benar mengusir bau di ruangan takkan lengkap tanpa menggunakan pewangi ruangan. Kamu bisa saja menggunakan pewangi ruangan yang dijual di toko-toko. Tapi, ada pula bahan-bahan alami yang bisa dijadikan alternatif untuk mengharumkan ruangan.

Salah satunya adalah ekstrak vanilla. Selain untuk membuat masakan, ekstrak vanilla memiliki aroma manis yang bisa mengharumkan ruangan. Cukup larutkan ekstrak vanila dan rendam spons ke dalam campuran ini sebelum diletakkan di sudut ruangan untuk memberikan aroma manis pada ruangan.

Alternatif lainnya adalah dengan merebus kulit jeruk lemon. Uap yang dihasilkan dari rebusan ini akan memberikan aroma segar untuk mengusir aroma tak sedap di ruangan.

Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Favorit untuk Percantik Rumahmu

Tak sulit bukan cara menghilangkan bau ruangan yang membandel di rumah? Agar rumah tetap terbebas dari aroma tak sedap, pastikan kamu terus menjaga kebersihan dari ruangan secara rutin. Sesekali juga bukalah jendela agar sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih lancar dan terjadi pertukaran udara. 

Sudah siap usir bau tak sedap yang ada di rumahmu?
 

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow