Gambar News 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rumah

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rumah

Berencana memilih rumah baru atau rumah pertamamu? Hindari kesalahan dalam memilih rumah dengan cek hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih rumah berikut:

Memilih rumah memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pada saat memilih rumah. Apalagi, rumah kelak menjadi tempat dimana kamu akan paling banyak menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Meskipun kini ada banyak sekali pilihan perumahan yang bisa menjadi opsi, bukan berarti kamu bisa menyepelekan rumah yang akan kamu pilih

Yuk, hindari kesalahan dalam memilih rumah dengan ketahui hal-hal wajib yang harus diperhatikan saat memilih rumah berikut:

Baca juga: Tips Jitu Membeli Rumah Pertama untuk Millenial

Hal-hal yang harus Diperhatikan saat Memilih Rumah

1. Lokasi

Sudah tak perlu diperdebatkan lagi, lokasi merupakan hal wajib yang harus dipetimbangkan saat memilih rumah. Memilih rumah yang berlokasi dekat dengan pusat-pusat aktivitas utama keluarga seperti tempatmu bekerja, tempat anak bersekolah, dan sebagainya tentu akan sangat mempermudah keseharian. Sebaliknya, jika meskipun lokasi berada di pusat kota namun jauh dari tempatmu bekerja, bisa-bisa kamu justru akan kehabisan waktu di perjalanan setiap harinya. 

Jadi, pada saat memilih rumah pastikan kamu memperhatikan tak hanya lokasi rumah terhadap fasilitas umum, tapi juga terhadap lokasi-lokasi tempatmu akan paling banyak beraktivitas.

2. Akses

Hal yang harus diperhatikan saat memilih rumah selanjutnya adalah akses terhadap lokasi rumah tersebut. Jika kamu termasuk pengguna transportasi umum, perhatikan rute-rute transportasi umum sekitar rumah dan pastikan rumah mendapatkan akses ke transportasi umum yang mudah. Jika kamu termasuk pengguna kendaraan pribadi, pastikan juga rumah tersebut memiliki akses ke jalan utama yang mudah serta mampu diakses dengan mudah oleh kendaraan pribadi. Misalkan saja, jika rumah berada di jalanan yang sempit sedangkan kamu sehari-hari perlu menggunakan mobil, tentu kelak kamu akan kesulitan mengakses rumah, bukan?

U Town Bintaro Jaya
U Town Bintaro Jaya

3. Lingkungan sekitar

Saat memilih rumah, jangan hanya memfokuskan perhatian pada rumah saja, tapi perhatikan juga lingkungan sekitar rumah atau perumahan. Apakah lingkungan sekitar juga cukup tertata? Apakah lingkungan sekitar perumahan tergolong lingkungan yang aman? Atau apakah lingkungan sekitar perumahan masih sangat sepi? Hal ini dikarenakan kelak kenyamanan rumah juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dikarenakan kamu pasti tak bisa menghindari interaksi sosial dengan lingkungan sekitarmu.

4. Fasilitas dan Sarana Prasarana yang Tersedia

Jika kamu memilih rumah yang berada dalam cluster perumahan, umumnya pengembang akan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas penghuni. Ketersediaan banyak fasilitas memang merupakan nilai tambah, namun yang paling penting adalah ketersediaan fasilitas yang sesuai kebutuhanmu.

Jika kamu memiliki anak kecil, apakah terdapat fasilitas taman bermain. Atau, jika kamu suka olahraga, apakah cluster perumahan sudah dilengkapi fasilitas olahraga yang memadai?

Selain fasilitas-fasilitas yang tersedia di perumahan, perhatikan juga fasilitas serta sarana prasarana publik lainnya yang ada di sekitar atau dekat dengan lokasi perumahan seperti sekolah, rumah sakit, pasar, mall, dan sebagainya agar nantinya kamu tak perlu kesulitan ketika kamu memerlukan fasilitas publik tersebut.

5. Spesifikasi serta desain rumah

Setelah keempat hal sebelumnya, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat memilih rumah adalah spesifikasi bangunan serta desain dari rumah. Saat memeriksa spesifikasi rumah, kamu bisa memeriksa mulai dari bahan-bahan bangunan dan material yang digunakan untuk setiap bagian rumah karena hal ini akan mempengaruhi kualitas dari bangunan nanti. Setelah itu kamu bisa mulai memeriksa desain dari utilitas yang terdapat di rumah seperti bagaimana jalur air kotor dan air bersihnya.

Untuk desain rumah, kamu bisa memilih fasad rumah sesuai dengan seleramu. Namun, yang tak boleh luput dari perhatian saat memilih rumah adalah tata letak ruang serta ketersediaan ruang-ruang yang ada di rumah. Pastikan rumah yang kamu pilih memiliki tata ruang yang tak cuma cocok untuk kebutuhanmu saat ini, tapi juga kebutuhanmu di masa yang akan datang mengingat kamu akan menempati rumah ini dalam waktu yang lama.

Oriana Permata di Bintaro Jaya
Oriana Permata di Bintaro Jaya

6. Harga rumah

Siapapun pasti takan melupakan hal yang harus dipertimbangkan saat memilih rumah selanjutnya ini. Harga memang merupakan hal penting dalam memilih rumah agar kamu terhindar membeli rumah dengan harga yang terlalu tinggi. Untuk mengetahui harga pasaran, kamu bisa membandingkan harga rumah dengan harga rumah lainnya yang berada di sekitar kawasan tersebut dengan spesifikasi yang hampir menyerupai.

Tak hanya harga saat membeli rumah, bila perlu perhitungkan juga harga kenaikan rumah di kemudian hari karena kelak rumah yang kamu pilih ini bisa juga menjadi investasi yang menguntungkan.

7. Perhatikan pengembang

Hal yang harus diperhatikan saat memilih rumah terakhir adalah mengetahui secara jelas latar belakang dari pengembang atau developer yang menjual rumah. Hindari memilih rumah yang dikembangkan oleh pengembang yang rekam jejaknya masih belum bisa dibuktikan. Untuk menghindari kerugian dan hal-hal tak diinginkan lainnya, percayakanlah masalah rumah dengan pengembang yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak proyek perumahan yang sudah bisa kamu lihat. Bila perlu, lakukan survei untuk melihat secara langsung sejauh mana pengembang telah membangun kawasan perumahan ataupun mengecek contoh perumahan lain yang sebelumnya telah dikembangkan oleh pengembang tersebut.

Baca juga: Mengenal Ciri & Karakteristik dari Rumah Sehat

Bingung memilih developer mana yang bisa kamu percaya untuk mewujudkan rumah impianmu? Percayakan masalah hunian pada Bintaro Jaya. Tak hanya telah memiliki rekam jejak yang terbukti, Bintaro Jaya juga menawarkan banyak opsi kompleks perumahan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Soal lokasi dan fasilitas? Tak perlu khawatir karena perumahan Bintaro Jaya berada di lokasi strategis serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbaik untuk memaksimalkan kenyamanan! Jadi, tunggu apa lagi? Cek Bintaro Jaya sekarang juga!

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow