Kontribusi PB Jaya Raya untuk Asian Games 2018

Perkumpulan Bulu tangkis Jaya Raya atau PB Jaya Raya merupakan salah satu klub bulu tangkis ternama Indonesia yang kerap melahirkan atlet-atlet berprestasi. PB Jaya Raya lahir pada tahun 1976 atas prakarsa Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin yang meminta pengusaha properti Ir. Ciputra

Kontribusi PB Jaya Raya untuk Asian Games 2018

Perkumpulan Bulu tangkis Jaya Raya atau PB Jaya Raya merupakan salah satu klub bulu tangkis ternama Indonesia yang kerap melahirkan atlet-atlet berprestasi. PB Jaya Raya lahir pada tahun 1976 atas prakarsa Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin yang meminta pengusaha properti Ir. Ciputra untuk membina salah satu cabang olahraga. Bulu tangkis diputuskan oleh Ir. Ciputra sebagai cabang yang akan dia bina.

Pada awal berdiri, PB Jaya Raya menggunakan Hall A di GOR Kuningan, Jakarta Selatan. Seiring dengan berjalannya waktu, pusat pelatihan PB Jaya Raya berpindah ke komplek sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan. Baru di tahun 2016, PB Jaya Raya meresmikan gedung olahraga baru di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Gedung olahraga Jaya Raya bukan hanya pusat pelatihan pada umumnya. Gedung ini memiliki 16 lapangan bulu tangkis dalam kompleks seluas 1,3 ha. Tak hanya itu, disediakan pula tribun penonton yang mampu menampung 500 penonton. GOR Jaya Raya juga memiliki asrama dengan 50 ruangan yang mampu menampung 132 atlet dari usia 12 sampai 18 tahun.

Di umur PB Jaya Raya yang lebih dari 40 tahun, ia telah banyak melahirkan para pemain bulu tangkis kelas dunia, seperti Susi Susanti, Candra Wijaya, Tony Gunawan, Markis Kido, serta Hendra Setiawan. Nama-nama pemain ganda putri terbaik Indonesia seperti Greysia Polii dan Nitya Krishinda juga berasal dari PB Jaya Raya. Para atlet bulu tangkis PB Jaya Raya telah mengharumkan nama Indonesia lewat ajang bulu tangkis kelas dunia, seperti Piala Thomas, Piala Uber, All England, SEA Games, dan masih banyak lagi.

Kini, PB Jaya Raya kembali berpartisipasi di Asian Games 2018 dengan menurunkan tujuh atlet bulu tangkis untuk tiga kategori. Para atlet tersebut ialah:

1. Marcus Fernaldi Gideon (Ganda Putra)

2. Muhammad Rian Ardianto (Ganda Putra)

3. Ruselli Hartawan (Tunggal Putri)

4. Greysia Polii (Ganda Putri)

5. Apriyani Rahayu (Ganda Putri)

6. Rizky Amelia Pradipta (Ganda Putri)

7. Della Destiara Haris (Ganda Putri)

Setelah memenangkan medali di ajang All England 2018, Toyota Thailand Open 2018, German Open 2018, dan Yonnex Dutch Open 2017, mereka siap mengharumkan nama Indonesia kembali lewat ajang Asian Games 2018.

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow